ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SANDAL EMBOSS MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL

Faizal, Diky and Suseno, Suseno (2020) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK SANDAL EMBOSS MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL. Tugas Akhir thesis, universitas teknologi yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK 5150611010 Diky Faizal.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV Cahaya Slipper adalah perusahaan manufaktur produksi sandal. Produk utama perusahaan adalah sandal Emboss dan produk lainnya adalah sandal Japit dan sandal Kokap. Tetapi dalam setiap proses produksi, tidak terlepas dari kegagalan berupa adanya produk cacat. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya produk cacat, serta memberikan usulan perbaikan yang harus dilakukan perusahaan. Pada tahun 2018 jumlah produksi sandal Emboss sebesar 252.000 dengan jumlah produk cacat sebesar 8.256 atau prosentase tingkat cacat 3,3%. Prosentase tingat cacat tersebut melebihi batas maksimal yang ditetapkan perusahaan yaitu sebesar 3%. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengolahan data, penelitian ini menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) yaitu lembar pengecekan, histogram, peta kendali p, diagram pareto, dan diagram sebab akibat. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa proses produksi dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Berdasarkan diagram histogram dapat disimpulkan Jenis kerusakan yang terjadi di CV Cahaya Slipper adalah broken upper dengan jumlah 98 unit atau 44%, broken side dengan jumlah 66 unit atau 29%, holes dengan jumlah 21 unit atau 9%, broken stitches dengan jumlah 21 unit atau 9% dan mold defect dengan jumlah 19 unit atau 8%. Faktor yang menyebabkan kerusakan pada produksi sandal Emboss adalah tenaga kerja yang kurang fokus dan tergesa-gesa, metode pemotongan tidak efktif, mesin tidak presisi, bahan baku yang mudah sobek, setting peralatan kurang pas, tidak ada waktu baku proses. Dari penyebab cacat tersebut dilakukan langkah perbaikan, yaitu menunjuk pengawas lapangan untuk mengecek kinerja tenaga kerja, perusahaan menambah satu stasiun pemotongan akhir, perawatan mesin press perlu dilakukan secara rutin sebelum digunakan, mengganti bahan baku yang lebih baik kualitasnya, setting mesin perlu dilakukan secara rutin sebelum digunakan, perusahaan perlu membuat SOP waktu standar untuk proses embossing, dan perusahaan perlu membeli mesin emboss elektrik agar panas yang dihasilkan merata. Kata Kunci: Kualitas, Produk, Statistical Quality Control

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:15
Last Modified: 25 Sep 2020 03:15
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item