ANALISIS ULANG TEBAL PERKERASAN TAXIWAY PADA BANDARA YIA (YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT) RE-ANALYSIS OF TAXIWAY PAVEMENT THICKNESS AT YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT

Hidayatullah, Imam Maulana and Setiawan, Danny (2020) ANALISIS ULANG TEBAL PERKERASAN TAXIWAY PADA BANDARA YIA (YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT) RE-ANALYSIS OF TAXIWAY PAVEMENT THICKNESS AT YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5150811316_Imam Maualana Hidyatullah.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Abstrak Semakin berkembangnya Indonesia dalam bidang pariwisata, kedatangan wisatawan asing ke Yogyakarta semakin bertambah mengakibatkan kapasitan tampung bandara Adisutjipto semakin tidak memadai. Ditambah kapasitas parkir pesawat yang terbatas mengharuskan pesawat sering berputar terlebih dahulu sebelum mendarat. Bandara yang tersedia di Yogyakarta tidak dapat diperluas lantaran keterbatasan lahan sehingga dibangun bandara baru yaitu bandara YIA (Yogyakarta International Airport). Penelitian ini dilakukan untuk perencanan tebal perkerasan lentur Bandara YIA pada taxiway dengan menggunakan metode CBR, PCN, dan PCA yang selanjutnya dibandingkan dengan data tebal perkerasan Bandara YIA. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan data secara detail dan bersifat hardcopy maupun softcopy yang disetujui oleh pihak PT. Angkasa Pura dan PT. PP sebagai pihak yang memiliki data. Hasil analisis perencanaan ulang tebal perkerasan lentur dengan metode PCN sebesar 26 inch atau 66,04 lebih kecil dari tebal perkerasan rencana di bandara YIA , untuk metode CBR diperoleh sebesar 37 inch atau 96,01 cm lebih besar dari tebal perkerasan rencana di bandara YIA yaitu sebesar 30,31 inch atau sebesar 77 cm. Hal tersebut disebabkan data persentase nilai CBR tanah asli tidak diperoleh sehingga persentase nilai CBR dalam perencanaan ini menggunakan persentase nilai CBR laboratorium sebesar 6%. Hasil analisis perencanaan ulang tebal perkerasan kaku dengan metode PCA yaitu sebesar 27,59 inch atau 70,1 cm lebih kecil dari tebal perkerasan rencana di bandara YIA yaitu sebesar 80 cm. Dari hasil analisis dengan metode yang dipakai dapat disimpulkan bahwa perencanaan ulang tebal perkerasan tidak sama dengan perencanaan di bandara YIA yang disebabkan oleh faktor persentase nilai CBR tanah asli. Kata Kunci: CBR, PCA, PCN, YIA ABSTRACT As Indonesia grew in the field of tourism, foreign tourist arrivals to Yogyakarta increased, and this resulted in the inadequate capacity of Adisutjipto airport. Moreover, the limited aircraft parking capacity requires the plane often rotates before landing. The available airport in Yogyakarta cannot be expanded due to limited land so a new airport is built, the YIA airport (Yogyakarta International Airport). This study was conducted for planning the YIA Airport flexural pavement thickness on the taxiway using the CBR, PCN, and PCA methods which were then compared with the YIA Airport pavement thickness data. The method used in this study is a quantitative approach to get detailed data that is hardcopy and softcopy which was approved by PT. Angkasa Pura and PT. PP as a party that has data. The results of the re-planning analysis showed that the thickness of the flexible pavement by PCN method was 26 inches or 66.04 smaller than the plan pavement thickness at the YIA airport and for the CBR method it was 37 inches or 96.01 cm larger than the plan pavement thickness at the YIA airport. of 30.31 inches or of 77 cm. This is because the percentage of CBR value of original land is not obtained so that the percentage of CBR value in this plan uses a percentage of laboratory CBR value of 6%. The results of the re-planning analysis of the thickness of the rigid pavement by PCA method that is equal to 27.59 inches or 70.1 cm smaller than the thickness of the pavement plan at the YIA airport that is equal to 80 cm. From the results of the analysis with the method used it can be concluded that the pavement thickness re-planning is not the same as the planning at YIA airport due to the percentage factor of the CBR value of the original land. Keywords: CBR, PCA, PCN, YIA

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:39
Last Modified: 15 Oct 2020 02:39
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5892

Actions (login required)

View Item View Item