ANALISIS KINERJA DAN PELAYANAN GERBANG TOL (Studi Kasus: Gerbang Tol Colomadu) TOLL GATE PERFORMANCE AND SERVICE ANALYSIS (Case Study: Colomadu Toll Gate)

Alwi, Nurul Ikhwan and Setiawan, Danny (2020) ANALISIS KINERJA DAN PELAYANAN GERBANG TOL (Studi Kasus: Gerbang Tol Colomadu) TOLL GATE PERFORMANCE AND SERVICE ANALYSIS (Case Study: Colomadu Toll Gate). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5130811013_NURUL IKHWAN ALWI.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Transportasi adalah salah satu aspek yang sangat menunjang dalam berbagai segi kehidupan. Salah satu segi transportasi yang akhir-akhir ini semakin ditingkatkan yaitu yang berkaitan dengan jalan tol. Faktor yang sering mengakibatkan kemacetan di jalan tol yaitu kondisi, kapasitas dan antrian di gerbang tol. Salah satu akibat terjadinya antrian di gerbang tol adalah tidak sesuai nya jumlah gardu tol dengan volume kendaraan yang masuk atau keluar di gerbang tol tersebut. Penelitian ini dilakukan pada gerbang tol Colomadu dengan tujuan mengetahui alternatif perbaikan layanan gerbang tol untuk meminimalisir antrian yang ditinjau dari segi tingkat kedatangan kendaraan dan tingkat pelayanan. Penyelesaian kasus ini menggunakan teori antrian dengan disiplin antrian First In First Out (FIFO). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode survai lapangan untuk mencari tingkat kedatangan dan lama waktu pelayanan yang terjadi pada gerbang tol Colomadu. Berdasarkan hasil survai yang dilakukan pada hari Kamis, Sabtu dan Senin tanggal 2, 4 dan 6 Januari 2020 didapatkan tingkat kedatangan kendaraan (λ) tertinggi pada gardu entrance terjadi pada hari Sabtu, 4 Januari 2020 pukul 17.00-18.00 sebesar 896 kendaraan/jam, tingkat kedatangan kendaraan tertinggi pada gardu exit terjadi pada hari Sabtu, 4 januari 2020 pukul 17.00-18.00 sebesar 640 kendaraan/jam. Untuk waktu pelayanan (WP) rata-rata pada gardu entrance adalah 8,36 detik/kendaraan, dan waktu pelayanan rata-rata gardu exit adalah 17,13 detik/kendaraan.Dari hasil analisis dengan menggunakan disiplin antrian FIFO, gardu yang ada pada saat ini tidak optimal. Maka perlu adanya perbaikan pada waktu pelayanan dan penambahan gardu pada gardu entrance maupun gardu exit. Pada gardu entrance, waktu pelayanan optimal adalah 11 detik dan jumlah gardu optimal adalah gardu. Pada gardu exit, waktu pelayanan optimal adalah 14 detik dan jumlah gardu tol optimal adalah 4 gardu. Kata kunci: Gerbang tol, FIFO, antrian, waktu pelayanans. ABSTRACT Transportation is one aspect that is very supportive in various aspects of life. One aspect of transportation that has recently been improved is related to toll roads. Factors that often cause congestion on toll roads are conditions, capacity, and queues at toll gates. One of the consequences of queues at toll gates is that the number of toll booths does not match the volume of vehicles entering or leaving the toll gate. This research was conducted at the Colomadu toll gate with the aim of knowing alternatives to toll gate service improvements to minimize queues in terms of vehicle arrival rates and service levels. The settlement of this case uses the queuing theory with the discipline of First In First Out (FIFO) queuing. Data collection in this study was carried out by using a field survey method to find the level of arrival and duration of service that occurred at the Colomadu toll gate. Based on the results of the survey conducted on Thursday, Saturday and Monday 2nd, 4th, and 6th January 2020, the highest vehicle arrival rate (λ) at the entrance gate occurred on Saturday, 4th January 2020 at 17.00-18.00 amounting to 896 vehicles / hour. The highest vehicle arrivals at the exit gate occurred on Saturday, 4th January 2020 at 17.00-18.00 at 640 vehicles / hour. The average service time (WP) at the entrance gate is 8.36 seconds / vehicle, and the average service time for the exit gate is 17.13 seconds / vehicle. From the analysis using FIFO queuing discipline, the existing substations at the time is not optimal. So, it is necessary to repair the time of service and the addition of substations at the entrance and exit substations. At entrance gates, the optimal service time is 11 seconds and the optimal number of substations is …. substations. At the exit gate, the optimal service time is 14 seconds and the optimal number of toll booths is 4. Key words: Toll gates, FIFO, queues, service time

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 16 Oct 2020 08:28
Last Modified: 16 Oct 2020 08:28
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5914

Actions (login required)

View Item View Item