Setyadi, Burhan and Masagala, Algazt Aryad (2020) PERENCANAAN ULANG STUKTUR ATAS JEMBATAN DENGAN PROFIL I GIRDER PRATEGANG SEGMENTAL (Studi Kasus: Jembatan Kali Grawah Kec. Cepogo, Kab.Boyolali, Jawa Tengah) STRUCTURE REPLANNING OF THE BRIDGE WITH SEGMENTAL PRE-GIRDER PROFILE I (Case Study: Kali Grawah Bridge, Cepogo District, Boyolali Regency, Central Java). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.
|
Text
5130811058_BURHAN SETYADI DWI SANTOSA.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Jembatan menurut ilmu sipil merupakan suatu struktur konstruksi yang memungkinkan menghubungkan suatu rute transportasi yang terpisah oleh rintangan seperti sungai, lembah, saluran irigasi dan bahkan menghubungkan antar pulau yang terpisah cukup jauh. Jembatan Kali Grawah adalah jembatan antar Provinsi yang terletak di desa Cepogo, Boyolali yang menghubungkan tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Solo, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang. Konstruksi Jembatan Kali Grawah sebelumnya mengunakan tipe Beton Bertulang dengan panjang total 35 m dan lebar 7,5 m. Jembatan tersebut mengalami keruntuhan pada salah satu sisi pada tahun 2018 dikarenakan pengaruh dari kendaraan dan hujan. Dipilihnya Jembatan Girder Profil I dengan penampang sebesar 1,7 meter dengan mutu beton K-700 sebagai pengganti Jembatan. Jembatan Girder Profil I diperkirakan akan lebih efektif untuk jembatan bentang 35 meter. Hasil analisis menunjukan bahwa tipe struktur ini sesuai dengan kondisi lapangan dan estetika. Desain ulang jembatan merupakan salah satu upaya meningkatkan kemampuan penulis dalam perencanaan jembatan khususnya jembatan Girder Profil I Prestressed Segmental. Pada proses perencanaan Jembatan Girder Profil I ini akan mengacu pada peraturan SNI-1725-2016 untuk menentukan segala pembebanan yang bekerja pada struktur jembatan tersebut menggunakan bahan beton prategang. Dengan menggunakan Girder Profil I pada jembatan bentang 35 meter diperoleh hasil analisis Lendutan total sebesar 54,198 mm < Lendutan ijin sebesar 146 mm. Kata kunci: Perencanaan ulang jembatan kali grawah, Girder Profil I, Lendutan. Abstract A bridge according to civil science is a construction structure that allows connecting a separate transportation route by obstacles such as rivers, valleys, irrigation channels and even connecting islands that are quite far apart. Kali Grawah Bridge is a bridge between provinces located in the village of Cepogo, Boyolali which connects three districts, namely Solo Regency, Boyolali Regency and Magelang Regency. Previously, Kali Grawah Bridge construction used Reinforced Concrete type with a total length of 35 m and a width of 7.5 m. The bridge collapsed on one side in 2018 due to the influence of vehicles and rain. Profile Girder Bridge I was chosen with a cross section of 1.7 meters with K-700 concrete quality as a substitute for the bridge. Girder Profile I bridges are expected to be more effective for 35 meters span bridges. The results of the analysis show that this type of structure is suitable for the field and aesthetic conditions. The redesign of the bridge is an effort to improve the writer's ability in bridge planning, especially the Prestressed Segmental I-Profile Girder Bridge. In the planning process for Girder Profile I bridges, it will refer to the SNI-1725-2016 regulations to determine all loads that work on the bridge structure using prestressed concrete. By using Girder Profile I on a 35 meter span bridge, the result of the analysis of total deflection is 54.198 mm < Permitted deflection is 146 mm. Keywords: Redesign of Kali Grawah Bridge, Girder Profile I, deflection
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 01:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 01:42 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5918 |
Actions (login required)
View Item |