ANALISIS DAMPAK KERUSAKAN JALAN DENGAN AKIBAT ADANYA KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR (STUDI KASUS: JALAN KALIORI-PATIKRAJA, BANYUMAS) AN ANALYSIS OF THE IMPACT OF ROAD DAMAGE DUE TO SAND MINING ACTIVITIES (A CASE STUDY: KALIORI-PATIKRAJA ROAD, BANYUMAS)

Bayu, Satrio Mur and Susilo, Dibyo (2020) ANALISIS DAMPAK KERUSAKAN JALAN DENGAN AKIBAT ADANYA KEGIATAN PENAMBANGAN PASIR (STUDI KASUS: JALAN KALIORI-PATIKRAJA, BANYUMAS) AN ANALYSIS OF THE IMPACT OF ROAD DAMAGE DUE TO SAND MINING ACTIVITIES (A CASE STUDY: KALIORI-PATIKRAJA ROAD, BANYUMAS). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5150811219_SATRIO MUR BAYU.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perilaku pengguna jalan banyak memberikan andil dalam kerusakan jalan, setiap jalan memiliki kelas masing-masing sesuai dengan beban kendaraan yang melewatinya. Disinilah sebenarnya peran penting dari adanya jembatan timbang, dimana memiliki fungsi sebagai pengontrol beban muatan kendaraan agar tidak melebihi kemampuan beban kelas jalan sehingga bisa mengurangi tingkat kerusakan pada jalan.Pada penelitian ini akan digunakan metode analisis dengan pedoman Standar Kompetensi Bangunan Indonesia (SKBI) 1987 untuk mengetahui standar perkerasan jalan dan menentukan alternatif pemecahan masalah yang terdapat pada kerusakan jalan. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa ruas jalan Kaliori – Patikraja yang seharusnya beban kendaraan 8 ton tetapi pada kenyataannya kendaraan yang melewati jalan tersebut > 8 ton. Sehingga mengakibatkan kerusakan perkerasan yang disebabkan adanya kendaraan yang lewat jalan ini melebihi batas muatan sumbu terberat (MST). Adanya aktifitas penambangan pasir berdampak pada kondisi jalan Kaliori – Patikraja, hal ini bisa dilihat dari perhitungan umur rencana. Jika dengan kondisi muatan normal kondisi jalan akan bertahan hingga 1,8 tahun, sedangkan akibat dari muatan yang berlebih maka umur rencana hanya sebesar 0,8 tahun saja. Kata Kunci: Kerusakan alan, Muatan Sumbu Terberat, Penambangan Pasir, SKBI 1987 Abstract The behavior of road users has contributed a lot to road damage, each road has its own class according to the load of the vehicles that pass through it. This is where the important role of weigh bridges actually plays a role as controlling the load of the vehicle so that it does not exceed the load capacity of the road class so as to reduce the level of damage to the road. In this study, the analysis method was used with the guidelines for the 1987 Indonesian Building Competency Standards (SKBI) to know road pavement standards and determine alternative solutions to problems found in road damage. Based on the research, it showed that the Kaliori - Patikraja road segment should have a vehicle load of 8 tons but in fact the vehicles passing the road were > 8 tons. This resulted in pavement damage caused by vehicles passing this road exceeding the heaviest axle load limit (MST). The existence of sand mining activities had an impact on the condition of the Kaliori - Patikraja road. This can be seen from the calculation of the planned age. If under normal load conditions the road conditions can last up to 1.8 years, while the result of overloading mentioned that the design life will only be up to 0.8 years. Keywords: Damage of land, heaviest axis load, sand mining, SKBI 1987

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 21 Oct 2020 08:24
Last Modified: 21 Oct 2020 08:24
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/5952

Actions (login required)

View Item View Item