Prakosyo, Gagas and Nuraini, Rika (2020) PERENCANAAN LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN CILOPADANG – SALEM CARA LENDUTAN BALIK MENGGUNAKAN ALAT BENKELMAN BEAM DENGAN METODE Pd. T-05-2005-B PLANNING OF EXTENDED BALANCED HARDWARE PLANNING ON THE ROAD OF CILOPADANG – SALEM WITH REVERSE DEFLECTION USING BENKELMAN BEAM WITH Pd. T-05-2005-B METHOD. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.
|
Text
5160811282_GAGAS PRAKOSYO.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pertumbuhan jumlah alat transportasi darat semakin meningkat seiring bertambahnya waktu yang mengakibatkan bertambahnya beban yang diterima oleh jalan berimbas pada kerusakan jalan, semakin bertambahnya usia dan jumlah kendaran mengakibatkan kerusakan yang terjadi pada ruas jalan akan semakin parah jika tidak segera ditangani. Perlu adanya metode perbaikan yang baik agar sistem transportasi darat bisa berjalan dengan baik, prasarananya menjadi aman, nyaman, dan efisien tanpa adanya kendala yang disebabkan oleh kerusakan pada ruas jalan. Pada penelitian ini digunakan metode lendutan balik menggunakan alat Benkelman Beam dengan panjang jalan yang diteliti yaitu 2 km dengan rentang persegmen adalah 50 m. Pada penelitian ini tidak dilakukan pengambilan data lendutan secara langsung dilapangan melainkan meminta data lendutan tersebut ke Dinas PU terkait. Dalam pengambilan data tersebut tetap mengacu pada pedoman SNI 2416-2011 yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional. Penelitian ini menggunakan metode Pd. T-05-2005-B yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Bina Marga untuk analisis data dan perhitungan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Lendutan balik rata-rata (dR) 1,960 mm, tebal lapis tambah yang direkomendasikan berdasarkan hasil perhitungan yaitu 7 cm untuk semua segmen dengan jenis lapis tambah yang direncanakan menggunakan Laston dengan nilai Modulus Resilien (Mr) sebesar 2000 MPa dan Stabilitas Marshall sebesar 800 Kg. Kata kunci: Overly, Benkelman Beam, Lendutan balik Abstract The growth in the number of land transportation means increases over time which results in an increase in the load received by the road which impacts on road damage, the increasing age and the number of vehicles resulting in the damage that occurs on the road segment will get worse if not immediately addressed. It is necessary to have a good repair method so that the land transportation system can run properly, the infrastructure is safe, comfortable, and efficient without any obstacles caused by damage to the roads. In this study, the reverse deflection method was used using the Benkelman Beam tool with the length of the road under study of 2 km with a segment span of 50 m. In this study, the deflection data were not collected directly in the field, but instead asking for the deflection data from the relevant Public Works Office. In collecting the data, it still referred to the SNI 2416-2011 guidelines issued by the National Standardization Agency. This study used the Pd method. T-05-2005-B issued by the Directorate General of Highways for data analysis and calculations. Based on the results of data analysis, it was obtained that the average back deflection (dR) was 1.960 mm, the recommended overlay thickness based on the calculation results was 7 cm for all segments with the type of overlay planned using Laston with a Resilient Modulus (Mr) value of 2000 MPa and Stability. Marshall of 800 Kg. Keywords: Overly, Benkelman Beam, deflection
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:04 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 03:04 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/6010 |
Actions (login required)
View Item |