Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Realitas Terhadap Konsep Diri Negatif Pada Siswa (Studi Pada Kelas XI Pemasaran di SMK 17 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017)

Ir Ir Risma Khoeriyah, Risma (2018) Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Realitas Terhadap Konsep Diri Negatif Pada Siswa (Studi Pada Kelas XI Pemasaran di SMK 17 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017). Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IR IR RISMA K.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Konsep diri merupakan gambaran diri yang dimiliki oleh seseorang, konsep diri terdiri dari konsep diri positif dan konsep diri negatif. Kurangnya pemahaman mengenai konsep diri dapat menjadikan seseorang memiliki konsep diri negatif. Permasalahan mengenai konsep diri negatif dialami oleh siswa kelas XI Pemasaran di SMK 17 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017, sehingga peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik realitas terhadap konsep diri negatif pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain praeksperimen (one group pretest and posttest design) yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Konseling Kelompok Teknik Realitas) dan variabel Y (Konsep Diri Negatif Pada Siswa), dengan sampel sebanyak 8 siswa dari jumlah populasi 48 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan teknik dan instrumen pengumpul data menggunakan observasi dan angket tertutup yang dibuat dalam bentuk skala likert mengenai konsep diri negatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS untuk uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan diperoleh hasil Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,012 dengan taraf kesalahan 0,05 (0,012 < 0,05) Zhitung = 2,521 dan Ztabel 1,96. Maka Zhitung > Ztabel atau 2,521 > 1,96 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya (signifikan) ada pengaruh konseling kelompok teknik realitas terhadap konsep diri negatif pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK 17 Seyegan Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil tersebut, konseling kelompok teknik realitas dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan terkait konsep diri negatif pada siswa. Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Realitas, Konsep Diri Negatif

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Realitas, Konsep Diri Negatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Bimbingan dan Konseling UTY
Date Deposited: 05 Jan 2018 07:37
Last Modified: 05 Jan 2018 07:37
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item