Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Menyontek Siswa

Dewi Ratih Maulani, Ratih (2018) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Menyontek Siswa. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DEWI RATIH.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa di sekolah adalah mengenai perilaku menyontek, yakni menganggap nilai sebagai tolok ukur kemampuan siswa dan melakukan perilaku curang dengan menyontek untuk mendapatkan nilai. Permasalahan tersebut dapat di atasi dengan menggunakan layanan konseling kelompok rational emotif behaviour therapy (rebt). Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan rebt dan mengatasi perilaku menyontek siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Godean. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, yakni menggunakan quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, yakni kelas kelompok eksperimen (XI PM 2) dan kelompok kontrol (XI PM 1). Metode pengumpulan data menggunakan skala likert yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik, yakni uji Mann-Whitney U-Test. Hasil uji Mann-Whitney U-Test menunjukkan taraf signifikansi 0,001<0,005. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotif behaviour therapy (rebt) terhadap perilaku menyontek siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Godean. Simpulan penelitian ini adalah layanan konseling kelompok rebt dapat digunakan untuk membantu permasalahan siswa tentang perilaku menyontek. Disarankan bagi guru bimbingan dan konseling, agar bersungguh-sungguh dalam membantu memecahkan permasalahan siswa mengenai permasalahan perilaku menyontek. Kata Kunci: konseling kelompok, rebt, perilaku menyontek

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, rebt, perilaku menyontek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Bimbingan dan Konseling UTY
Date Deposited: 05 Jan 2018 08:16
Last Modified: 05 Jan 2018 08:16
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item