Joko Wahyu, Wawan and Susilo, Dibyo (2021) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL Studi Kasus : Simpang Jl. Colombo, Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman PERFORMANCE EVALUATION OF SIGNALED INTERSECTION Case Study: Simpang Jl. Colombo, Catur Tunggal, Depok District, Sleman Regency. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK_5150811262_ Wawan Joko Wahyu.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Simpang Jl. Colombo merupakan simpang yang berada di daerah Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Kabupten Sleman, Daereah Istimewa Yogyakarta. Simpang ini merupakan sebuah simpang yang menghubungkan Jl. Colombo pada arah barat dan timur, Jl. Bougenville (kampung Samirono) diarah selatan, Jl. Samirono Baru disebelah tenggara, serta kampung Karangmalang (kawasan kampus UNY) di sebelah utara. Simpang tersebut merupakan simpang lima yang belum lama ini dipasang APILL sehingga membuat simpang ini menjadi simpang bersinyal, untuk uji coba penerapan APILL tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2020 kemarin selama 30 hari. Perhitungan menggunakan metode MKJI 1997 dengan data yang diperoleh merupakan data yang diambil langsung dari lapangan, seperti data geometri simpang, data arus lalu lintas, data waktu siklus . Perhitungan bertujuan untuk mengetahui kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), panjang antrian (QL), serta mengetahui tingkat pelayanan (LoS) pada simpang bersinyal Jl. Colombo tersebut. Dari hasil analisis diperoleh nilai kapasitas (C) tiap pendekat didapat sebesar 1678 smp/jam pada pendekat barat, 547 smp/jam pada pendekat utara, 370 smp/jam pada pendekat selatan, 1269 smp/jam pada pendekat selatan, dan 81 smp/jam pada pendekat tenggara. Untuk kapasitas tertimggi terletak di pendekat barat. Derajat kejenuhan (DS) setiap pendekat didapatkan nilai sebesar 0.726 pada pendekat barat, pendekat utara sebesar 0.398, pendekat selatan sebesar 0.221, pendekat timur sebesar 0.478, serta 0.092 pada pendekat tenggara. Nilai (DS) tertinggi terdapat pada pendekat barat. Panjang antrian (QL) pada pendekat utara sepanjang 54.615 m, pada pendekat selatan sepanjang 6.520 m, pendekat timur sepanjang 58.004 m, pendekat selatan sepanjang 149.618 m, dan pada pendekat tenggara sepanjang 6.806 m. panjang antrian terpanjang terjadi pada pendekat barat. Serta tingkat pelyanan (LoS) berada pada tingkat E. Kata kunci: Simpang Jl. Colombo, MKJI 1997, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian, Tingkat Pelayanan. ABSTRACT The intersection of Jl. Colombo is an intersection located in the Catur Tunggal area, Depok District, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta. This intersection is an intersection that connects Jl. Colombo on the west and east, Jl. Bougenville (Samirono village) towards the south, Jl. Samirono Baru in the southeast, and Karangmalang village (UNY campus area) in the north. The intersection is an intersection of five that has recently been installed by APILL so that this intersection becomes a signaled intersection, for the trial application of the APILL was carried out on January 21, 2020 yesterday for 30 days. Calculations using the MKJI 1997 method with the data obtained are data taken directly from the field, such as intersection geometry data, traffic flow data, cycle time data. The calculation aims to determine the capacity (C), degree of saturation (DS), queue length (QL), and to know the level of service (LoS) at the intersection with Jl. Colombo the. From the analysis, it was obtained that the capacity value (C) of each approach was 1678 pcu / hour for the western approach, 547 pcu / hour for the north approach, 370 pcu / hour for the southern approach, 1269 pcu / hour for the southern approach, and 81 pcu / hour. on the southeast approach. The highest capacity is located in the western approach. The degree of saturation (DS) for each approach was obtained a value of 0.726 for the west approach, the north approach at 0.398, the south approach at 0.221, the eastern approach at 0.478, and 0.092 for the southeast approach. The highest value (DS) is in the western approach. The queue length (QL) for the north approach is 54,615 m long, the south approach is 6,520 m long, the eastern approach is 58,004 m long, the south approach is 149,618 m long, and the southeast approach is 6,806 m long. the longest queue length occurs at the western approach. And the service level (LoS) is at level E. Key words: Simpang Jl. Colombo, MKJI 1997, Capacity, Degree of Saturation, Length of Queue, Service Level. DAFTAR PUSTAKA Afriliyanti. Herin, (2018), Evaluasi Kinerja Simpang lima Bersinyal Menggunakan Software Vissim Studi Kasus : Simpang Lima Kecamatan Sruweng, kabupaten kebumen, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta Anita. Dwi, (2015), Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan 17 Agustus - Jalan Babe Palar Kota Manado, Universitas Sam ratulangi, Manado Badan Pusat Statistik. (2020). D.I.Yogyakarta Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik. Yogyakarta Budiman. Arief, (2016), Analisa Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Boru Kota Serang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten Direktorat Jendral Bina Marga (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Direktorat Bina Teknik . Yogyakarta Hastommi, (2016), Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Studi Kasus Simpang Jalan Jend. Sudirman – Jalan P.Diponegoro dan Jalan A.M. Sangaji – Jalan Margo Utomo Yogyakarta dengan Metode MKJI 1997, Universitas Teknologi Yogyakarta. Yogyakarta Ismaili, A.F, (2017), Impact of Weather on Motor Cyclist Behaviour in Yogyakarta Special Region, Scientific of Semesta Teknika Vol.20, No.2, 132 – 138, November 2017. Ramadhani. Febriana, (2017), Analisa Kinerja Simpang Bersinyal Pingit Yogyakarta, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 08:36 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 08:36 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/7232 |
Actions (login required)
View Item |