ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN YOGYAKARTA-WONOSARI Studi Kasus : Ruas Jalan KH Agus Salim dan Jalan Siyono-Playen TRAFFIC ACCIDENT RATE ANALYSIS ON YOGYAKARTA-WONOSARI ROAD Case Study : Jalan KH Agus Salim and Jalan Siyono-Playen

Niam, Zidha Alfan and Susilo, Dibyo (2021) ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN YOGYAKARTA-WONOSARI Studi Kasus : Ruas Jalan KH Agus Salim dan Jalan Siyono-Playen TRAFFIC ACCIDENT RATE ANALYSIS ON YOGYAKARTA-WONOSARI ROAD Case Study : Jalan KH Agus Salim and Jalan Siyono-Playen. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5150811294_ZIDHA ALFAN NIAM_Abstrak -DONE.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Bangunan pada jalan raya merupakan prasarana transportrasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap yang di peruntukan bagi lalu lintas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab kecelakaan lalu lintas pada daerah rawan kecelakaan sehingga pada akhirnya akan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Gunungkidul dengan cara menentukan (black spot dan block site) Berdasarkan hasil penelitian Lokasi daerah rawan kecelakaan yang sering terjadi di Jalan KH Agus Salim dan Jalan Siyono-Playen. Dengan diperoleh hasil perhitungan nilai Z-Score 5.92 (Rawan Kecelakaan), untuk kecepatan di daerah pengamatan dengan rata-rata 49,5 km/jam, untuk analisis derajat kejenuhan di lokasi pengamatan menujukan VC-Ratio > 0,55 dengan tingkat pelayan C, fasilitas pelengkap jalan di lokasi tersebut masih terbilang kurang sehingga menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan di lokasi tersebut. Kata kunci: kecelakaan, jalan raya, black spot, block site Buildings on highways are land transportation infrastructure that covers all parts of the road, including complementary buildings intended for traffic. The purpose of this study is to determine the cause of traffic accidents in accident-prone areas so that in the end it will reduce the number of traffic accidents in Gunungkidul Regency by determining (black spot and block site) Based on the results of the study, the location of accident-prone areas that often occur on Jalan KH Agus Salim and Jalan Siyono-Playen obtained the results of the calculation of the Z-Score value of 5.92 (Accident Prone); the average speed in the observation area is 49.5 km/hour; The analysis of the degree of saturation at the observation location shows VC-Ratio > 0.55 with a service level of C, and complementary road facilities at that location are still lacking, causing frequent accidents at that location. Keywords: accident, highway, black spot, block site

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:48
Last Modified: 04 Jan 2022 03:48
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/8957

Actions (login required)

View Item View Item