Salam, Fadli and Ismaili, Abul Fida (2021) ANALISIS DURASI DAN KEBUTUHAN PARKIR PADA BADAN JALAN KALIURANG DAN JALAN GEJAYAN DI KABUPATEN SLEMAN PARKING DURATION AND NEED ANALYSIS ON THE ROAD OF KALIURANG AND GEJAYAN STREET IN SLEMAN DISTRICT. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.
|
Text
5170811056_Fadli Salam_Abstrak - FADLI BSMV. DONE.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Berkembangnya jumlah penduduk kota yang diikuti oleh bertambahnya kendaraan yang di miliki penduduk baik itu kendaraan bermotor maupun mobil namun tidak di imbangi dengan keberadaan lahan parkir yang mumpuni, Kabupaten sleman ini memiliki beberapa titik lokasi parkir pada badan jalan diantaranya Jalan kaliurang, Affandi/Gejayan, Di lokasi tersebut sering kali terjadi kemacetan di jam jam tertentu dengan sebab yang bermacam macam seperti keluar masuk kendaraan yang melakukan parkir pada badan jalan. Pendekatan yang digunakan adalah Drone mapping guna pengambilan gambar udara di lapangan supaya data yang di dapatkan lebih baru. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Durasi dan kebutuhan parkir pada badan jalan Untuk 5 tahun mendatang di kabupaten Sleman khususnya di daerah Jl. Kaliurang (toko emas semar nusantara Dan Fashion story) dan Jl. Affandi/Gejayan (Toko merah Dan Mirota pasaraya gejayan), metode yang di gunakan yaitu adalah metode analisis statistik dan metode analisis kuantitatif. Metode analisis statistik merupakan upaya mengolah data menjadi informasi sehingga data-data mengenai karakteristik parkir mudah dipahami dan menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan penelitian. Metode analisis kuantitatif digunakan untuk mengukur karakteristik parkir yang dibahas mengenai pengaruh aktivitas parkir pada badan jalan pada beberapa ruas jalan yang diteliti. analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis durasi dan kebutuhan parkir pada badan jalan, dapat di ketahui bahwa, Sudut yang di gunakan pada ke empat segmen yakni 180° Untuk Mobil dan 90° Untuk Sepeda Motor (Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, 1998). Rata tata durasi parkir harian untuk sepeda motor adalah 77,9 menit dan rata rata durasi untuk mobil adalah sebesar 50,125 menit. Untuk forecasting kebutuhan parkir 5 tahun mendatang terhitung dari tahun 2021 di dapat hasil bahwa bahwa kapasitas parkir pada badan jalan pada tahun 2021 pada ke empat segmen sudah tidak bisa menampung lagi kapasitas parkir pada badan jalan pada tahun 2026. Ke empat segmen jalan terletak di lokasi yang padat dan lahan yang terbatas, Dalam pembangunan pusat perbelanjaan khususnya areal parkir wajib di lengkapi dengan basement supaya parkir pada badan jalan lebih dapat berkurang. Kata kunci: Durasi parkir, Forecasting, Kebutuhan parkir, Konfigurasi parkir, Parkir Pada badan jalan The growing number of city residents, which is followed by an increase in the number of vehicles owned by residents, both motorized vehicles and cars, is not balanced by the presence of a qualified parking area. Sleman Regency has several parking locations on the road, including Jalan Kaliurang and Affandi/Gejayan, where traffic jams often occur at certain hours for various reasons such as getting in and out of vehicles parking on the road. The approach used is drone mapping to take aerial images in the field so that the data obtained is more recent. The purpose of this study was to determine the duration and need for parking on the road for the next 5 years in Sleman district, especially in the Jl. Kaliurang (Semar Nusantara gold shop and fashion story) and Jl. Affandi/Gejayan (Red shop and Mirota Pasaraya Gejayan). The method used is the method of statistical analysis and quantitative analysis methods. Statistical analysis method is an effort to process data into information so that data on parking characteristics are easy to understand and answer problems related to research activities. Quantitative analysis method is used to measure parking characteristics which are discussed regarding the effect of parking activities on the road body on several roads under study. Based on the analysis of the duration and need for parking on the road, it can be seen that the angles used in the four segments are 180° for cars and 90° for motorcycles (Guidelines for Planning and Operation of Parking Facilities, 1998). The average daily parking duration for motorcycles is 77.9 minutes and the average duration for cars is 50.125 minutes. For forecasting parking demand for the next 5 years starting from 2021, the results show that the parking capacity on the road body in 2021 in the four segments will no longer be able to accommodate the parking capacity on the road body in 2026. The four road segments are located in congested locations with limited land. In the construction of shopping centers, especially the parking area, it must be equipped with a basement so that parking on the road body can be reduced. Keywords: Parking duration, Forecasting, Parking requirements, Parking configuration, Parking on the road
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 03:38 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 03:38 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/9028 |
Actions (login required)
View Item |