Peer Review: Pengaruh Desain Web dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Pembelian pad Toko Online.

Gunarsih, Tri and Utami, Ristianawati Dwi and Yusuf, Yusuf (2012) Peer Review: Pengaruh Desain Web dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Pembelian pad Toko Online. Forum Manajemen Indonesia.

[img] Text
Peer Review Pengaruh Desain Web_Prosiding FMI_November 2012.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh desain web dan kualitas informasi terhadap minat pembelian pada toko online dengan persepsi kualitas dan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Menggunakan skala interval 1 sampai 7, desain web diukur berdasarkan navigasi dan estetika. Kualitas informasi diukur berdasarkan dimensi waktu informasi (time dimension), dimensi konten informasi (content dimension), dan dimensi bentuk informasi (form dimension). Indikator persepsi kualitas yaitu keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan berwujud. Sedangkan kepercayaan pengguna diukur berdasarkan keyakinan terhadap situs web. Obyek penelitian ini ialah toko online Hi-Fi Tecknis Store yang dirancang dan dibuat sendiri oleh peneliti. Hi-Fi Tecknis Store memiliki lima menu utama antara lain : company, products, garansi, bayar, contact. Situs ini akan digunakan secara offline untuk mempermudah penelitian. Responden dalam penelitan ini ialah mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta dengan jumlah sampel 130 reponden. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgment sampling dan uji hipotesis menggunakan path analysis. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa desain web dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian pada toko online dengan R2 = 0,344. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa desain web berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian pada toko online dengan Pvalue (0,00). Kualitas informasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian pada toko online dengan Pvalue (0,13). Hasil path analysis menunjukkan bahwa pengaruh desain web terhadap minat pembelian pada toko online melalui dua variabel mediasi meningkat (β = 0,346) dibandingkan dengan pengaruh hubungan langsung desain web terhadap minat pembelian pada toko online (β = 0,233). Hasil penelitian ini menguatkan penelitian McKnight ( 2002) bahwa persepsi kualitas yang tinggi akan berdampak pada kepercayaan dan membentuk hubungan positif signifikan. Serta penelitian Everard dan Galletta (2006) yang menyatakan bahwa persepsi kualitas dan kepercayaan memediasi hubungan tampilan situs web terhadap minat pembelian. Berdasarkan path analysis juga terdapat peningkatan pengaruh kualitas informasi terhadap minat pembelian pada toko online melalui dua variabel mediasi (β = 0,575) dibandingkan dengan pengaruh langsung hubungan kualitas informasi terhadap minat pembelian pada toko online (β = 0,411). Temuan ini menguatkan penelitian Sam dan Tahir (2010) yang menyatakan bahwa kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian. Serta penelitian Everard dan Galletta (2006) yang menyatakan bahwa persepsi kualitas dan kepercayaan memediasi hubungan antara tampilan situs web terhadap minat pembelian. Keywords: desain web, kualitas informasi, minat pembelian toko online, persepsi kualitas, trust

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: S.E., M.Sc Ristianawati Dwi Utami
Date Deposited: 10 Jan 2022 10:07
Last Modified: 14 Feb 2022 05:10
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/9103

Actions (login required)

View Item View Item