KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API PRAMEKS DI STASIUN KLATEN

Nugroho, Andung Jati (2019) KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KERETA API PRAMEKS DI STASIUN KLATEN. Jurnal DISPROTEK, 10 (2). pp. 73-85. ISSN 2548-4168

[img]
Preview
Text
Disprotek Unisnu - Kualitas Pelayanan KA Pramex - Andung.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.unisnu.ac.id/JDPT/article/view/90...

Abstract

PT Kereta Api Indonesia memberikan pelayanan kepada calon penumpang dalam penyediaan jasa yangberhubungan dengan pelayanan perkeretaapian satu-satunya di Indonesia. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang sudah diberikan oleh Stasiun Klaten terhadap penumpang kereta api. Penelitian ini dilakukan pada penumpang kereta. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan 25 kuesioner kepada para penumpang kereta api di Stasiun Klaten. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, untuk menentukan kesesuaian kuesioner yang disebar, selanjutnya dilakukan pengukuran rata-rata tingkat kepentingan dengan Service Performance, selanjutnya dilakukan perhitungan Customer Satisfaction Index untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang, kemudian dilakukan pembuatan grafik Importance Performance Analysis untuk menentukan tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan. Hasil perhitungan dari Service Performance didapatkan nilai tingkat kesesuaian sebesar 44,45%-77,45%, nilai Customer Satisfaction Index sebesar 61,60% yang termasuk dalam kriteria Very Poor atau perlu dilakukan perbaikan, perhitungan Importance Performance Analysis terdapat atribut kualitas yang menjadi prioritas utama yaitu atribut nomor 6, 7, 12, 20, dan 21. Dengan usulan perbaikan menggunakan teoriya Resheniya Izobreatatelskikh Zadatch yaitu, memberi nomer antrian kepada para pelanggan saat membeli tiket, menambah jumlah kursi untuk calon penumpang dan pengantar, Menambah fasilitas penunjang yang belum ada dilingkungan Stasiun Klaten, PT KAI akan memberi penyuluhan kepada para petugas Stasiun Klaten agar lebih disiplin dan mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: ST., M.Sc. Andung Jati Nugroho
Date Deposited: 11 Jan 2022 15:34
Last Modified: 11 Jan 2022 15:34
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/9117

Actions (login required)

View Item View Item