Upaya Meningkatkan Perilaku Asetif Siswa, Melalui Bimbingan Kelompok Berbantuan Game (Kartu Emosi) di Sekolah Madrasah Aliyah Ibnu Sina Yogyakarta

Deny Riky Prasetyo, Deny (2018) Upaya Meningkatkan Perilaku Asetif Siswa, Melalui Bimbingan Kelompok Berbantuan Game (Kartu Emosi) di Sekolah Madrasah Aliyah Ibnu Sina Yogyakarta. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Deny Riky Prasetyo.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Abstrak Deny Riky Prasetyo. 2018. Upaya Meningkatkan Perilaku Asetif Siswa, Melalui Bimbingan Kelompok Berbantuan Game (Kartu Emosi) di Sekolah Madrasah Aliyah Ibnu Sina Yogyakarta. Tugas Akhir. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Teknologi Yogyakarta. Pembimbing: Erlin Fitria, S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan perilaku asertif siswa Madrasah Aliyah Ibnu Sina Yogyakarta melalui bimbingan kelompok berbantuan game kartu emosi. Serta untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok berbantuan game kartu emosi dalam meningkatkan perilaku asertif khususnya siswa Madrasah Aliyah Ibnu Sina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). metode yang digunakan adalah korelasi sederhana dengan desain regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII di Madrasah Aliyah Ibnu Sina Yogyakarta. Teknik untuk menentukan sampel adalah Purposive Sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan menggunakan rumus Product Moment dan reliablitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan tabel uji normalitas diperoleh nilai Kolmogorov-Smirnov. Data yang dinyatakan berdistribusi normal adalah jika signifikansinya lebih besar dari 0,05, hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansinya adalah 0,940 > 0,05, maka dapat disimpulkan nilai residual berdistribusi normal. Berdasarkan tabel uji linearitas dengan n = 10 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai korelasinya adalah 0,027 yang mana tingkat signifikansinya sebesar 0,060 > α (5%) rata-rata perilaku asertif sesudah diberi tindakan memiliki perbandingan rata-rata besar daripada nilai rata-rata sebelum diberi tindakan yaitu sebesar 137,60 > 129,60 dengan standar deviasi sebesar 9,092 > 5,777. Dilihat dari hasil perhitungan analisis data menggunakan rumus t test menunjukkan bahwa thitung 5,510 lebih besar dari ttabel 1,812. Dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai-t yang diperoleh signifikan. Kesimpulan dari hasil analisis statistik ini adalah ada peningkatan perilaku asertif melalui bimbingan kelompok berbantuan game “Kartu Emosi”. Kata Kunci: Perilaku Asertif, Kartu Emosi, Bimbingan Kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Asertif, Kartu Emosi, Bimbingan Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Bimbingan dan Konseling UTY
Date Deposited: 12 Mar 2018 08:00
Last Modified: 12 Mar 2018 08:00
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item