Ardiansyah[, Beryl Punky and Kurniati, Dwi (2021) PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH KARBIT TERHADAP BATA BETON PRESENTASE 7%, 9%, DAN 11% THE EFFECT OF WASTE CARBITE SUBSTITUTION ON CONCRETE BRICK PERCENTAGE 7%, 9%, AND 11%. Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.
Text
5140811045_BERYL PUNKY ARDIANSYAH.pdf Download (132kB) |
Abstract
Paving block merupakan salah satu bahan bangunan yang sering digunakan sebagai alternatif perkerasan jalan. Bahan penyusun dari paving block terdiri campuran pasir, semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya, air, dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu beton tersebut. Bahan tambah yang digunakan dapat berupa limbah atau sisa bahan bangunan yang tidak digunakan. Limbah karbit merupakan contoh limbah yang masih jarang dimanfaatkan sebagai bahan tambah pembuatan bahan bangunan. Oleh sebab itu, perlu diadakan peneltian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas tampak, dimensi dan kuat tekan paving block menggunakan substitusi limbah karbit. Dalam penelitian ini digunakan substitusi limbah karbit dengan persentase 7%, 9% dan 11%. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode eksperimental sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu SNI 03-0691 tahun 1996 dengan mix design mortar berdasarkan SNI 6882 tahun 2014 dan bahan penyusun yang digunakan dalam pembuatan paving block telah sesuai dengan PBI 1971 NI–8. Pembuatan paving block dicetak dengan cara manual menggunakan alat cetak dan dilaksanakan di TB Angga Jaya. hasil dari penelitian paving block dengan substitusi limbah karbit persentase 7%, 9% dan 11% menghasilkan paving block dengan tampak yang baik dengan sedikit kerusakan. Dimensi paving block yang dibuat sebesar 21cm × 10cm × 6cm dan tebal yang dihasilkan sesuai peraturan yang berlaku yaitu SNI 03-0691 tahun 1996 ketebalan 6cm dengan toleransi 8%. Kuat tekan yang dihasilkan untuk persentase 7% dengan rata-rata sebesar 8.41 Mpa, persentase 9% dengan rata-rata sebesar 10.29 Mpa, dan persentase 11% dengan rata-rata sebesar 9.06 Mpa. Kuat tekan maksimal yang didapatkan dari hasil pengujian sebesar 12.69 Mpa dengan persentase substitusi limbah karbit sebesar 9%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini ialah mutu paving block berkurang dan tidak direkomendasikan karena hasil uji kuat tekan kurang dari 15 Mpa. Kata Kunci: Dimensi, Kuat Tekan, Limbah Karbit, Paving Block, Tampak. Paving block is one of the building materials that is often used as an alternative to road pavement. The building blocks of paving blocks consist of a mixture of sand, portland cement or other hydraulic adhesives, water, and aggregates with or without other additives that do not reduce the quality of the concrete. The added materials used can be in the form of waste or the rest of the building materials that are not used. Carbide waste is an example of waste that is still rarely used as an added material for the manufacture of building materials. Therefore, it is necessary to conduct a study that aims to determine the visible quality, dimensions and compressive strength of paving blocks using carbide waste substitution. In this study, substitution of carbide waste was used with percentages of 7%, 9% and 11%. The method used in this final project is an experimental method in accordance with applicable regulations, namely SNI 03-0691 1996 with a mix design mortar based on SNI 6882 in 2014 and the constituent materials used in the manufacture of paving blocks are in accordance with PBI 1971 NI-8. The manufacture of paving blocks is printed manually using a printing press and carried out at TB Angga Jaya. the results of the research on paving blocks with 7%, 9% and 11% substitution of carbide waste resulted in good looking paving blocks with little damage. The dimensions of the paving blocks made are 21cm × 10cm × 6cm and the resulting thickness is in accordance with applicable regulations, namely SNI 03-0691 1996 thickness of 6cm with a tolerance of 8%. The resulting compressive strength is for a percentage of 7% with an average of 8.41 Mpa, a percentage of 9% with an average of 10.29 Mpa, and a percentage of 11% with an average of 9.06 Mpa. The maximum compressive strength obtained from the test results is 12.69 MPa with a substitution percentage of carbide waste of 9%. The conclusion obtained from this study is that the quality of paving blocks is reduced and is not recommended because the results of the compressive strength test are less than 15 MPa. Keywords: Dimensions, Compressive Strength, Carbide Waste, Paving Block, Appearance.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:36 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/9333 |
Actions (login required)
View Item |