OPTIMALISASI KAPASITAS RUANG PARKIR (STUDI KASUS: PUSAT PERBELANJAAN KOTA SAMARINDA) OPTIMIZATION OF PARKING SPACE CAPACITY (CASE STUDY: SHOPPING CENTER OF SAMARINDA CITY)

Bahri, Adhe Rizki Wiradhana and Susilo, Dibyo (2021) OPTIMALISASI KAPASITAS RUANG PARKIR (STUDI KASUS: PUSAT PERBELANJAAN KOTA SAMARINDA) OPTIMIZATION OF PARKING SPACE CAPACITY (CASE STUDY: SHOPPING CENTER OF SAMARINDA CITY). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img] Text
5140811239_ADHE RIZKI WIRADHANA BAHRI.pdf

Download (29kB)

Abstract

Area parkir merupakan sesuatu hal yang sangat penting yang harus dipenuhi dalam membangun pusat perbelanjaan. Permasalahan area parkir di wilayah pusat perbelanjaan merupakan suatu fenomena yang patut untuk diperhitungkan. Urgensitas kebutuhan lahan parkir menjadi suatu keutamaan ketika lahan yang tersedia tidak mencukupi untuk menampung kendaraan yang memasuki area parkiran pusat perbelanjaan tersebut sehingga parkir dibuat semakin rapat dan tidak sesuai dengan pedoman yang ditetapkan Direktur Jendral Perhubungan Darat (DIRJENHUB). Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama dengan cara survei langsung pada lokasi pusat perbelanjaan dan mengukur lahan parkir kemudian dilakukan analisis parkir berupa: volume parkir, akumulasi parkir dan SRP kendaraan. Tahap kedua berupa evaluasi karakteristik kendaraan yang masuk ke area pusat perbelanjaan. Data kemudian dievaluasi guna mendapatkan SRP yang diperlukan dan dikaji dengan peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat. Dari hasil penelitian ini SRP kendaraan rata-rata sebesar 0,58 x 2 m (sudut 90o) dan 0,60 x 2 m (sudut 45o) untuk sepeda motor. Untuk mobil SRP kendaraan rata-rata sebesar 2,2 x 5 m (sudut 90o) dan 3,3 x 5 m (sudut 45o). Sehingga kendaraan mobil maupun motor terlihat sangat berdempetan dari yang seharusnya dan kapasitas lahan parkirnya melebihi batas maksimal. Kata kunci: Kapasitas parkir, Karakteristik parkir Parking area is a very important thing that must be met in building a shopping center. The problem of parking areas in the shopping center area is a phenomenon that should be taken into account. The urgency of the need for parking spaces becomes a priority when the available land is not sufficient to accommodate vehicles entering the parking area of the shopping center so that parking is made tighter and not in accordance with the guidelines set by the Director General of Land Transportation (DIRJENHUB). This research was conducted in two stages. The first stage is by surveying directly at the location of the shopping center and measuring the parking area, then parking analysis is carried out in the form of parking volume, parking accumulation and vehicle SRP. The second stage is an evaluation of the characteristics of vehicles that enter the shopping center area. The data is then evaluated to obtain the required SRP and reviewed with the regulations of the Director General of Land Transportation. From the results of this study the average vehicle SRP of 0.58 x 2 m (90o angle) and 0.60 x 2 m (45o angle) for motorcycles. For cars, the average vehicle SRP is 2.2 x 5 m (90o angle) and 3.3 x 5 m (45o angle). Cars and motorbikes look very close together than they should and the parking capacity exceeds the maximum limit. Keywords: Parking capacity, Parking characteristics

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:50
Last Modified: 24 Mar 2022 02:50
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item View Item