Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling di SMA PGRI 1 Temanggung

Dinta Rifatin, Dinta (2018) Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling di SMA PGRI 1 Temanggung. Tugas Akhir thesis, Universitas Teknologi Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dinta Rifatin.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dinta Rifatin. 2017.”Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling di SMA PGRI 1 Temanggung”. Tugas Akhir. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Teknologi Yogyakarta. Pembimbing: Nararya Rahadyan Budiyono S.Pd, M.Pd. Kegiatan bimbingan dan konseling merupakan usaha yang dilakukan oleh guru pembimbing bersama siswanya untuk mencapai kemandirian dalam keseluruhan proses kehidupan, baik sebagai individu. Fokus masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA PGRI 1 Temanggung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Dari hasil CIPP di ketahui komponen countex yang meliputi lingkungan sekolah, setting ruang BK, jalinan kerjasama berjalan dengan baik. Komponen input meliputi karakteristik siswa, petugas bimbingan, program, dan sarana prasarana cukup baik. Komponen process meliputi evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling masih banyak hambatan sehingga belum berjalan dengan baik. Komponen product meliputi hasil evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling belum dilaksanakan secara berkala. Faktor penunjang dan penghambat teratasi dengan baik. Evaluasi Pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA PGRI 1 Temanggung sudah dilaksanakan meliputi, program tahunan, program semester, bulanan dan mingguan namun dalam evaluasi pelaksanan bimbingan dan konseling belum berjalan secara berkala. Sehingga hasil yang dicapai belum maksimal. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pelaksanaan bimbingan dan konseling yang ada di SMA PGRI 1 Temanggung pada umumnya berjalan dengan baik namun dalam pelaksanaannnya belum mengacu pada Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Bukti pelaksanaannya belum terdokumentasi secara keseluruhan dan pelaksanaan assesmen sudah dilakukan namun dalam program kerja belum ada profil sekolah maupun inerpretasi dari masing-masing program. Kata kunci : evaluasi, program, bimbingan konseling

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program, bimbingan konseling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Bimbingan dan Konseling UTY
Date Deposited: 12 Mar 2018 08:16
Last Modified: 12 Mar 2018 08:17
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item