Marcelina Dwi Setyowati, S.T, M.Sc. ; Widi Cahya Yudhanta, S.T., M.Sc. (2020) Pengaruh Konfigurasi Setting fisik Ruang Jalan di Koridor Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Bantul Terhadap Pejalan Kaki dengan Pendekatan Shared Street. EC202010983.
Text
SURAT2, SERTIF & POSTER-POSTER KONFIGURASI SETTING FISIK.pdf Download (1MB) |
|
Text
HKI-poster all berkas pengaruh konfigurasi setting fisik.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dominasi ruang jalan oleh kendaraan bermotor menjadi salah satu permasalahan yang mengakibatkan pejalan kaki, difabel dan pengguna kendaraan tidak bermotor mulai tersisihkan dalam memanfaatkan ruang jalan. Koridor Jalan Jenderal Sudirman merupakan jalan protokol yang berada di Kabupaten Bantul dengan panjang jalan 1,5 km. Pada tahun 2017 terdapat dua median jalan di sisi barat dan timur sebagai batas jalur cepat dan lambat kemudian mengalami proses rehabilitasi dan diresmikan pada tahun 2018. Proyek rehabilitasi tersebut meliputi pembangunan ruas jalan menjadi dua lajur dengan median jalan berupa taman selebar 1,5 meter. Kondisi eksisting koridor Jalan Sudirman pada tahun 2018 terdapat median jalan berupa taman di tengahnya dan jalur pejalan kaki dengan ketinggian yang berbeda dengan jalan raya di kedua sisinya. Hal tersebut membatasi pergerakan pejalan kaki dan difabel saat akan berpindah dari jalur pejalan kaki barat ke timur atau sebaliknya. Jalan di depan pasar Bantul yang terbentang cukup lebar juga mengakibatkan segmentasi ruang jalan karena menyebabkan pejalan kaki dan difabel mengalami kesulitan untuk menyeberang jalan saat lalu lintas kendaraan bermotor mengalami kepadatan. Tidak hanya pergerakan saja yang semakin terbatas tetapi tingkat visibilitas, dan aksesibilitas ruang juga semakin berkurang. Kondisi tersebut menyebabkan fungsi ruang jalan sekaligus ruang publik di Jalan Sudirman menjadi belum optimal. Shared street dianggap dapat menyelesaikan permasalahan dominasi ruang jalan oleh kendaraan bermotor karena memprioritaskan kepentingan pejalan kaki dan difabel daripada pengguna lain. Pengguna lain dituntut agar lebih bertoleransi dengan mengurangi kecepatan kendaraannya sehingga pemanfaatan ruang jalan dapat lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan arahan desain konfigurasi setting fisik ruang jalan di Koridor Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Bantul terhadap pejalan kaki dengan pendekatan Shared street. Penelitian ini menggunakan kerangka penelitian deskriptif dengan simulasi dan numerik permodelan untuk menganalisanya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dengan program spatial network depthmap yaitu space syntax. Space syntax untuk menyelidiki hubungan tata ruang dan berbagai fenomena sosial, ekonomi dan lingkungan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menghasilkan arahan desain mengenai pengembangan ruangnya. Rekomendasi yang diarahkan adalah tercapainya ruang jalan yang sesuai dengan faktor-faktor dalam konsep shared street baik dari connectivity, comfort, diversity, livability, identity. Kesesuaian tersebut diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pejalan kaki, difabel dan kendaraan tidak bermotor dalam memanfaatkan ruang jalan, sehingga dominasi ruang jalan oleh kendaraan bermotor dapat dihindari. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mendukung kebijakan pemerintah, mengetahui fenomena dan menjadi solusi permasalahan yang terjadi. Latar belakang dan tujuan yang telah didefinisikan sebelumnya memunculkan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang ingin dijawab, sehingga fakta dan argumen dasar yang relevan mendukung dilakukannya penelitian ini. Hipotesa awal telah muncul namun masih bersifat lemah karena posisi data pendukung masih berupa data awal.
Item Type: | Patent |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Setting fisik Ruang Jalan |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitekur |
Depositing User: | Kaprodi S1 Arsitektur UTY |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 01:41 |
Last Modified: | 12 Mar 2024 07:36 |
URI: | http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/14997 |
Actions (login required)
View Item |