PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK WEDANG UWUH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT STUDI KASUS PT SALAMA NUSANTARA

Andika, Roni and Setiafindari, Widya (2024) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK WEDANG UWUH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT STUDI KASUS PT SALAMA NUSANTARA. Tugas Akhir thesis, University of Technology Yogyakarta.

[img] Text
5200611042 Roni Andika-ABSTRAK.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK PT Salama Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak dibidang obat herbal dan jamu tradisional. Pada produk wedang uwuh memiliki jumlah pemesanan yang lebih sedikit dari produk lainnya dengan jumalah pemesanan selama tiga bulan sebelum nya antara 850 pcs hingga 1000 pcs, dengan rata – rata sebesar 916,6 pcs. Salah satu faktor penyebabnya adalah produk ini masih menggunakan kemasan yang hanya dibungkus dengan plastik dengan memberikan label atau stiker perusahaan. Kemasan tersebut masih belum optimal dalam hal desain dan daya tariknya. Karena, rentan rusak dan kurang menarik secara visual. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan rancangan desain kemasan produk wedang uwuh yang sesuai dengan keinginan konsumen menggunakan metode Quality Function Deployment. Hasil dari pengolahan data dan analisis didapatkan atribut atau kriteria kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen dari bobot terbesar hingga terkecil pada bobot baris (raw weight) adalah Keamanan kemasan (8,38) kemasan dapat melindungi produk dengan aman dan kemasan yang tidak mudah rusak; Warna (7,46) menggunakan warna/ tidak transparan; Kenyamanan (7,33) kemasan yang mudah digunakan dan disimpan; Ilustrasi (7,20) kemasan menggunakan ilustrasi produk wedang uwuh; Bahan material (7,00) menggunakan kemasan berbahan aluminium foil; Ukuran atau dimensi (6,04) panjang 16 cm, dan lebar 24 cm. Kata kunci: Kebutuhan Konsumen, Kemasan, Perancangan Desain, Quality Function Deployment ABSTRACT PT Salama Nusantara is a company that operates in the herbal medicine and traditional herbal medicine industry. The Wedang Uwuh product has received fewer orders than other products, ranging from 850 to 1000 pieces over the past three months, averaging 916.6. One contributing factor is that the product continues to use packaging solely wrapped in plastic with a company label or sticker. The packaging design and attractiveness are still not optimal due to its susceptibility to damage and lack of visual appeal. This study uses the Quality Function Deployment method to develop packaging designs for Wedang Uwuh products that meet consumer preferences. The data processing and analysis results indicate that the packaging attributes aligned with consumer desires, ranked by weight from highest to lowest, are as follows: Packaging security (8.38) ensuring product safety and durability; Color (7.46) non-transparency; Convenience (7.33) ease of use and storage; Illustration (7.20) featuring an illustration of the Wedang Uwuh product; Materials (7.00) utilizing aluminium foil packaging; Size or dimensions (6.04) measuring 16 cm in length and 24 cm in width. Keywords: Consumer Needs, Packaging, Design Design, Quality Function Deployment

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Industri
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Industri UTY
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:38
Last Modified: 04 Dec 2024 07:38
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item