RENCANA MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN MALIOBORO AKIBAT PENUTUPAN JALAN MALIOBORO (Studi Kasus: Kinerja Ruas Jalan Di Sekitar Kawasan Malioboro) MALIOBORO AREA TRAFFIC ENGINEERING MANAGEMENT PLAN DUE TO MALIOBORO ROAD CLOSURE (A Case Study: Performance of Roads Around Malioboro Area)

Tonapa, Julio and Ismaili, Abul Fida (2020) RENCANA MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN MALIOBORO AKIBAT PENUTUPAN JALAN MALIOBORO (Studi Kasus: Kinerja Ruas Jalan Di Sekitar Kawasan Malioboro) MALIOBORO AREA TRAFFIC ENGINEERING MANAGEMENT PLAN DUE TO MALIOBORO ROAD CLOSURE (A Case Study: Performance of Roads Around Malioboro Area). Tugas Akhir thesis, University Technology Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5160811344_Julio Tonapa.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kota Yogyakarta merupakan kota pelajar dan budaya, Malioboro merupakan ruas jalan utama sudah menjadi legenda bagi kota Yogyakarta, jalan Malioboro saat ini tingkat pelayanannya sudah tidak efektif sehingga diperlukan analisis tingkat pelayanan jalan yang terkait dengan ruas di sepanjang segmen jalan dan dilakukan pengaturan arus lalu lintas pada daerah jalan akses menuju kawasan Malioboro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja ruas jalan disekitar kawasan Malioboro sebelum dan sesudah penutupan jalan Malioboro dan dampak yang dihasilkan dari penutupan jalan Malioboro terhadap jalan disekitarnya yaitu jalan Abu Bakar Ali, jalan Panembahan Senopati, dan jalan K.H Ahmad Dahlan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan dianalisis menggunakan MKJI 1997 dan dimodelkan menggunakan perangkat lunak VISSIM. Hasil pembahasan dari simulasi perangkat lunak VISSIM pada kondisi sebelum dan sesudah yang terdampak yaitu ruas jalan Abu Bakar Ali segmen selatan pada saat jam puncak hari kerja mengalami kenaikan tingkat pelayanan dari kategori “F” menjadi kategori “E” dan ruas jalan Abu Bakar Ali segmen selatan pada saat jam puncak hari libur mengalami penurunan tingkat pelayanan dari kategori “C” menjadi kategori “D”. Ruas jalan K.H. Ahmad Dahlan segmen utara pada saat jam puncak hari kerja mengalami penurunan tingkat pelayanan dari kategori “C” menjadi kategori “E”, segmen selatan mengalami kenaikan tingkat pelayanan jalan dari kategori “B” menjadi kategori “A” dan ruas jalan K.H. Ahmad Dahlan segmen utara pada saat jam puncak hari libur mengalami penurunan tingkat pelayanan dari kategori “C” menjadi kategori “E”, segmen selatan mengalami kenaikan tingkat pelayanan jalan dari kategori “C” menjadi kategori “B”. Kata Kunci: Ruas Jalan, Tingkat pelayanan jalan, Sebelum, Sesudah, MKJI 1997, VISSIM. Abstract The city of Yogyakarta is a city of students and culture and Malioboro is a main road segment that has become a legend for the city of Yogyakarta. Malioboro street is currently at ineffective service level so it is necessary to analyze the level of road services associated with the sections along the road segment and control traffic flow on the access road area to the Malioboro area. The purpose of this study was to determine the performance of the roads around the Malioboro area before and after the closure of Malioboro road and the impact resulting from the closure of Malioboro road on the surrounding roads, namely Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Panembahan Senopati, and Jalan K.H Ahmad Dahlan. This research used quantitative methods and was analyzed using MKJI 1997 and modeled using VISSIM software. The results of the discussion of the VISSIM software simulation on the conditions before and after being affected, namely the southern segment of Abu Bakar Ali road during the peak hours of the working day experienced an increase in service levels from category "F" to category "E" and the southern segment of Abu Bakar Ali road segment. During peak hours of holidays, the service level decreased from category "C" to category "D". K.H. Ahmad Dahlan, the northern segment during the peak hours of the working day experienced a decrease in the service level from category "C" to category "E", the southern segment experienced an increase in the level of road service from category "B" to category "A" and roads K.H. Ahmad Dahlan, the northern segment during the peak hours of holidays, experienced a decrease in the service level from category "C" to category "E", the southern segment experienced an increase in the level of road service from category "C" to category "B". Keywords: Roads, Road Service Level, Before, After, MKJI 1997, VISSIM

Item Type: Thesis (Skripsi, Tugas Akhir or Kerja Praktek) (Tugas Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Teknik Sipil
Fakultas Sains Dan Teknologi > D3 Sistem Informasi
Depositing User: Kaprodi S1 Teknik Sipil UTY
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:43
Last Modified: 22 Oct 2020 03:43
URI: http://eprints.uty.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item